Langkah Berani GSVL untuk Good Governance
Manado

Langkah Berani GSVL untuk Good Governance

GS. Vicky Lumentut
GS. Vicky Lumentut

MANADOLINK – Janji Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, DEA demi terciptanya good governace di Pemerintah Kota Manado akhirnya mulai dibuktikan.

Lumentut memutuskan mengganti sejumlah kepala SKPD yang terindikasi temuan auditor resmi pemerintah BPK RI. “Kami sangat mengapresiasi langkah berani GSVL yang mau mengganti  kepala SKPD yang tidak mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan dengan baik,” tandas Hendra Lumempouw, Ketua Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (JPKP) Kota Manado.

Drs. Moh. Sadiq Zainal Abidin
Drs. Moh. Sadiq Zainal Abidin

Lumempouw mensinyalir pergantian sejumlah kepala SKPD termasuk, Sekwan DPRD Manado adalah ketidakmampuan dalam pengelolaan administrasi dengan baik.

Dijelaskannya, DPRD periode 2014-2019 nendapatkan tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi menyalahi aturan. Sehingga tukasnya, daerah mengalami kerugian sekitar Rp. 6,3 M. “Kemungkinan hal ini yg ditakutkan para anggota dprd yg terpilih kembali saat ini. Karena info yang saya dapat , mantan sekwan dan kabag keuangan sudah dipanggil kejaksaan utk dimintai keterangan,” beber dia sembari mengibgatkan kalau penolakan terhadap Plt Sekwan adalah tidak tepat. Masalahnya, pengangkatan Plt adalah kewenangan walikota. “Tidak perlu persetujuan pimpinan dewan, kalau definitif akan mengacu pada pasal 205 UU 23 tahun 2014,” kunci Lumempouw. (*)