Advertisement
Advertisement
Moniaga Minta Seleksi Capas Manado Dievaluasi!
Berita Utama

Moniaga Minta Seleksi Capas Manado Dievaluasi!

Advertisement
Iwan Aloysius Moniaga
Iwan Aloysius Moniaga

MANADOLINK – Walikota Manado, Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, DEA diminta untuk melakukan evaluasi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, berkaitan dengan hasil seleksi Calon Paskibraka (Capas) Kota Manado tahun 2018.

Advertisement

Hal ini menyusul adanya temuan dan indikasi pelanggaran aturan permenpora nomor 0065 tahun 2015 tentang seleksi paskibraka. “Sejauh ini kami sudah mengantongi sejumlah bukti yang terindikasi melanggar permenpora. Makanya ada baiknya bapak walikota mengevaluasi kinerja Dispora Manado selaku instansi teknis yang menangani hal ini,” papar Iwan A Moniaga, SIP, wakil ketua PPI Provinsi Sulut.

Sejumlah indikasi pelanggaran itu dimulai dari tahapan seleksi. “Ada tahapan yang menurut saya Miss,” kata dia. Hingga pada hasil seleksi, ungkap Moniaga, terdapat sejumlah capas yang diloloskan tidak memenuhi kriteria. Dengan gamblang, Moniaga menyebut, terdapat capas yang lolos, tidak paham tentang wawasan kebangsaan. “Aneh rasanya seorang paskibraka yang bertugas untuk membawa bendera kebangsaan tidak paham soal wawasan kebangsaan,” tandasnya. Selain itu, beber pria yang juga dikenal sebagai aktivis dan politikus ini, sebagai paskibraka, sudah semestinya menguasai peraturan baris berbaris. Namun anehnya, ada capas yang diloloskan tidak terlalu cakap PBB. “Ada yang melipat dan bentang bendera tidak tahu, masih saja diloloskan,” jelas Moniaga. Hal yang paling krusial adalah diloloskan capas yang jelas secara aturan permen tinggi badan minimal 170 cm. “Kalau tidak salah capas itu yang ditunjuk sebagai lurah dalam proses seleksi baru baru ini. Tingginya tidak cukup, masih saja diloloskan,” tukas dia.

Agar masalah ini tidak berlanjut, Walikota diminta untuk mengevaluasi kinerja instansi teknis. “Semuanya berpulang ke instansi teknis sebagai pemilik program kegiatan,” kunci moniaMo. (*)

Advertisement