Berita Utama

TAHUN POLITIK : Jadilah Politisi dan Penyelenggara Pemilu yang Negarawan

Johnny Suak
Johnny Suak

MULAI tahapan pendaftaran parpol pada pemilu 2019 kita harus memberikan mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (BAWASLU) yang berhasil menjalankan tugas awalnya di Tahun 2017 dimana inovasi pelaksanaan pemilu dengan menggunakan Sistem Informasinya telah mempercepat proses pendaftaran dan mempermudah PARPOL dalam menggunakan hak konstitusinya

Kemudian paparan yang menarik dari Bawaslu dalam proses penegakan keadilan pemilu melalui proses yg cukup menguras kemampuan penerapan hukum berpemilu.
Demikian halnya Partai Politik sudah menunjukan itikad baik dan kuat dalam memberikan pendidikan politik melalui sekelumit proses bolak balik tahapan pendaftaran parpol pada KPU – Bawaslu di Tahun 2017 walaupun harus jg menunggu Final Penetapan Parpol pd tgl 5 Februari 2018
Aktivitas stakeholder pemilu baik peserta maupun penyelenggara pemilu ditambah giatnya DKPP mensosialisasikan etik penyelenggara pemilu akan mewarnai Tahun Politik 2018 yang akan memberikan harapan nyata pada peningkatan kepercayaan publik terhadap profesionalitas dan integritas penyelenggara pemilu yang tercermin pada baiknya prosedural pemilu yang dijalankan, yg akan membatasi pratek curang oknum paslon maupun parpol dalam melakukan politik uang dan politisasi birokrasi, sehingga masyarakat percaya bahwa pemilu dapat membawa perubahan.

Perubahan yg diharapkan masyarakat pemilu semakin lengkap ditunggu jika baik penyelenggara pemilu (KPU, BAWASLU dan DKPP) maupun Elit Partai Parpol memiliki sikap dan tindakan serta perilaku negarawan.
Memahami negarawan dalam konteks pemilu, berarti penyelenggara pemilu maupun parpol wajib memastikan terpenuhinya hak2 asasi setiap manusia/rakyat baik dijamin maupun tidak dijamin dalam konstitusi negara (right to vote & right to be candidate). Selain itu pelibatan partisipasi publik dlm mengelola voters education & terlibat memastikan mengawasi hasil pilihannya sendiri. Cara pandang berhukum pemilu pun wajib mengedepankan kepentingan rakyat. Responsif dan progresif itulah tipikal negerawan yg dibutuhkan memasuki Tahun politik.
Tuntutan demikian diperlukan karena tahapan pemilu menuju 17 April 2019 masih panjang dan berliku semoga.

Catatan Awal pada Tahun Politik
#ElectionUpdate

Manado 4 Januari 2018 Pukul 11.18 Wita
By Johnny Alexander Suak