Advertisement
Advertisement
Manado

Pansus RTRW Temukan Lahan Pertanian Jadi Perumahan

Advertisement

pansus temukanMANADOLINK – Panitia khusus (Pansus) DPRD Manado yang membahas Ranperda revisi RTRW, menemukan alih fungsi lahan pertanian jadi pemukiman di wilayah Mapanget.

Advertisement
Pansus RTRW Dekot Manado

Pansus RTRW Dekot Manado

“Hal tersebut kami temukan ketika turun lapangan bersama pemerintah dalam hal dinas PUPR dan Bapelitbangda di Mapanget, dimana kawasan pertanian dialihkan jadi perumahan,” kata Ketua Pansus, Hengky Kawalo, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan, alih fungsi tersebut, sebenarnya tidak boleh dilakukan karena berdasarkan RTRW itu adalah kawasan pertanian tetapi malah menjadi pemukiman dan itu salah.

“Kawasan pertanian disulap jadi perumahan seperti Casa de viola, dan kami heran karena membangun di kawasan tanpa izin, padahal Presiden Joko Widodo dalam pidatonya belum lama ini sudah mengingatkan, kawasan pertanian itu adalah penyanggah maka jangan diutak atik,” katanya.

Hal senada disampaikan wakil ketua Pansus, Stenly Tamo, karena menurutnya dalam Raperda Revisi RTRW kawasan itu diubah menjadi perumahan, padahal belum ditetapkan.

“Ini menimbulkan pertanyaan kepada kami, ada apa? Kenapa Perda revisi RTRW belum ditetapkan, tetapi sudah ada pengalihfungsian lahan dari pertanian jadi pemukiman, sehingga seolah-olah Perda itu hendak melegalkan sesuatu,” katanya.

Dia mengingatkan, jika memang direvisi RTRW turun dan kemudian kawasan itu sudah selesai terbangun sebagai perumahan, maka tidak bisa diputihkan, artinya bangunan tetap ada, sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi DPRD Manado.

Tamo mengatakan, selain Pansus, ATR/BPN Manado juga sudah pernah mengeluarkan teguran bahkan peringatan kepada pengembang, agar tidak melakukan pembangunan perumahan, sebab itu adalah kawasan pertanian, namun diabaikan oleh pengembang. (*)

Advertisement