Manado

Usulu: Kesaktian Pancasila Jadi Falsafah Hidup Bermasyarakat

rum usuluMANADOLINK– Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10/2017) pemerintah Kota Manado melaksakanan Upacara bertempat di Lapangan Sparta Tikala. Upcara kali ini dipimpin Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Drs H. Rum Usulu yang juga dirangkaikan dengan Upara Hari Batik Nasional dan Apel Kerja perdana bulan Oktober.

Wali Kota Manado DR GS Vicky Lumentut, melalui Sekda Usulu berharap, nilai-nilai luhur dalam semangat Hari Kesaktian Pancasila harus tertanam dalam kehidupan berbangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Hari Kesaktian Pancasila berisi nilai-nilai luhur yang diwariskan pendahulu bangsa, bisa kuat tertanam dalam setiap kehidupan bangsa dan menjadi falsafah hidup bermasyarakat sebagai identitas Negara Indonesia,” ujar Wali Kota GSVL.

Terkait Hari Batik Nasional, orang nomor satu di Propinsi Sulawesi Utara itu menegaskan sebagai kekayaan intelektual bangsa, batik telah didaftarkan sebagai salah satu budaya warisan bangsa serta mendapat pengakuan United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO).

”Pengukuhan Batik oleh UNESCO menjadi kebanggaan bagi kita, karena Batik boleh diakui sebagai kekayaan budaya Indonesia, dan telah diapresiasi sebagai kekayaan dunia, sehingga membentuk citra positif dan meningkatkan martabat bangsa Indonesia di forum Internasional, saya harap masyarakat dapat meningkatkan kecintaan terhadap penggunaan Batik dan pengembangannya,” kata Sekda Usulu.

Aparatur Pemerintah di jajaran Pemkot Manado, tambah Wali Kota Manado dua periode itu, diminta untuk meningkatkan etos kerja dalam menunjang pelaksanaan program pelayanan kepada masyarakat, harus terampil dan profesional, sehingga seluruh proses pemerintahan, pembangunan dan pelayanan jadi efisien dan efektif.

”Saya minta ASN di lingkungan Pemkot Manado agar meningkatkan etos kerja dalam melayani masyarakat. Seriusi penyerapan anggaran, capai target anggaran harus efisien dan efektif tetap optimalkan walaupun sumber dana terbatas, harus punya strategi perencanan yang matang jelas dan terukur,” tutur Wali Kota GSVL.(*)