Advertisement
Berita Utama

Hikmat, GSVL Irup HUT RI ke 72

HIKMAT: Penyerahan bendera merah putih oleh Walikota Manado dalam upacara HUT Kemerdekaan RI-72 tahun. (foto:speednews.com)
HIKMAT: Penyerahan bendera merah putih oleh Walikota Manado dalam upacara HUT Kemerdekaan RI-72 tahun. (foto:speednews.com)

MANADOLINK – Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 Tahun Republik Indonesia, digelar Kota Manado, Kamis (17/08/17) pagi tadi.

Upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, bertempat di Lapangan Sparta Tikala dengan peserta upacara ASN Pemkot Manado, Siswa-Siswi Sekolah SMP dan SMA, TNI/Polri berlangsung hikmat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP) adalah Wali Kota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH,MSi,DEA.

Sementara sebagai pembaca teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dibawakan oleh Ketua DPRD Kota Manado Nortje Henny Van Bone.

Toast kenegaraan tersebut dipimpin Walikota Manado GS Vicky Lumentut  didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny Prof DR Julyeta PA Runtuwene bersama Ketua DPRD Nortje Henny Van Bone, Dandim 1309 Letkol ARM Toar Pioh, Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Budi H Panjaitan SH MH dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Drs Rum Dj Usulu.

Walikota GSVL dalam toast kenegaraan itu, mengajak kepada pemerintah dan masyarakat di Kota Manado untuk mampu menghargai jasa-jasa pahlawan kemerdekaan yang telah rela mati untuk negeri ini. Sehingga, jangan ada lagi yang memiliki pikiran untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Mari kita satukan gerak langkah kita untuk menghayati nilai-nilai luhur Pancasila, serta pengorbanan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Negara ini. Jangan kita sia-siakan perjuangan mereka dengan menciptakan dis-integrasi bangsa yang membawa kehancuran negeri ini. Tetapi mari kita bertekad untuk terus menciptakan suasana yang aman, rukun dan damai di negeri ini khususnya di kota kita, Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.

Menutup rangkaian HUT ke-72 Kemerdekaan RI, kembali dilakukan Upacara Penurunan Bendera pada sore hari, bertempat di lokasi yang sama yakni Lapangan Sparta Tikala Manado.

Tampil sebagai IRUP dalam penurunan bendera pusaka merah putih yakni Kapolres Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, dihadiri oleh Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut Wakil Walikota Mor D Bastian SE, Pimpinan dan Anggota DPRD Manado, Forkopimda Manado serta seluruh tamu undangan yang ada. (*)