Manado

SMP St Rafael Berlakukan Full Day School

SMP Katolik St Rafael Manado
SMP Katolik St Rafael Manado

MANADOLINK – Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Manado, April minggu kedua mulai menerapkan sekolah bersistem Full Day School. Penerapan Full Day School ini merupakan lanjutan dari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2016 lalu.

Salah satunya, SMP Katolik ST Rafael Manado yang akan menerapkan Full Day School, Senin (10/04). Kepala Sekolah SMP Katolik ST Rafael, Dra. Henny Lani Tayu kepada Manadolink.com mengatakan penerapan full day school merupakan tujuan perwujudan ideal dari pendidikan yaitu terpenuhinya pengetahuan umum dan terbentuknya karakternya.
” Walau sempat mengundang pro dan kontra dalam penerapan full day school ini tapi akan sangat membantu para siswa, dalam kegiatan belajar mengajarnya,” jelas Henny.
Tayu menambahkan, pengertian full day school ini bukan berarti para siswa belajar selama sehari penuh di sekolah. Program ini memastikan siswa dapat mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter, misalnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
 
“Selesai belajar setengah hari, para murid tidak akan langsung pulang ke rumah, tetapi dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi mereka,” jelas Tayu.
Lanjutnya, dengan lingkungan dan suasana sekolah yang menyenangkan maka penerapan full day school diyakini dapat membantu tingkatkan kemampuan dan karakter anak sisik, dimana penerapan full day school terbagi kedalam pembelajaran formal yang diisi sampai tengah hari, selanjutnya dapat diisi dengan kegiatan ekstrakurikuler. “Penerapan sistem ini masih uji coba, yang tadinya sembilan jam menjadi delapan jam. Sementara untuk waktu pelaksanaan full day school hanya sampai hari Jumat dan untuk hari Sabtu sendiri sudah diliburkan,” kunci dia. (**)