Advertisement
Berita Utama Manado

Paripurna OPD Tuntas, Tahapan Penantian Pejabat Manado

CEMAS: Mereka memasuki tahapan penantian rolling jabatan. (FOTO:DOC)
CEMAS: Mereka memasuki tahapan penantian rolling jabatan. (FOTO:DOC)

MANADOLINK– Penetapan Perda Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) sedianya dilakukan Senin (5/9) depan, bakal menjadi momok tersendiri bagi kalangan pejabat di lingkungan Pemkot Manado. Dimana dengan penetapan Perda OPD, secara otomatis dipersiapkan rolling pejabat untuk mengisi jabatan sesuai Perda OPD.

Sejumlah kalangan memprediksikan, rotasi atau mutasi jabatan yang nantinya dilakukan Walikota Dr. GS Vicky Lumentut, SH DEA dan Wakil Walikota Manado, Mor D Bastian, SE, bakal menjadi rolling terbesar dalam sejarah pemerintahan. “Ini bisa kita lihat dari ukuran kinerja, dan tentunya hasil dari perhelatan pilwako lalu,” tandas pemerhati sosial, Rolandy Thalib.

Menariknya menurut Thalib, mutasi kali ini akan sangat kental aroma politik dibanding penilaian fair untuk kinerja aparat. “Kita tahu bersama, banyak PNS atau ASN di lingkungan Pemkot Manado yg melakukan aksi dukung mendukung kepada para calon pilkada waktu lalu. Dimana dukungan terbanyak diberikan kepada calon yang tidak jadi,” terang dia. Itulah, tambah Thalib, akan menjadi isu central pergantian atau mutasi nanti.

Sementara itu, salah seorang pejabat eselon II di Pemkot Manado mengatakan, mutasi jabatan atau pergantian merupakan hak walikota selaku user. Dia juga menandaskan, pergantian bukan menjadi masalah, namun merupakan hal yang biasa dalam organisasi pemerintahan. “Sesuai undang-undang mutasi adalah hak pak walikota, dan kami sebagai abdi masyarakat siap-siap saja ditempatkan dimana saja,” papar oknum kepala dinas salah satu instansi teknis Pemkot Manado.

Diketahui, Panitia Khusus (Pansus) Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) DPRD Kota Manado, Kamis (01/09) telah melakukan konsultasi ke Pemerintah Provinsi dan rencananya, Jumat (02/09) akan melakukan konsultasi terakhir di Kemendagri, sebelum ditetapkan menjadi Perda.

Ketua DPRD Kota Manado, Nortje Van Bone telah memastikan sidang paripurna dilakukan Senin (05/09) nanti . Proses pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Manado berakhir Rabu (31/08) dan sudah tahap penyempurnaan. Ketua Pansus OPD Royke Anter menuturkan, dalam pembahasan yang berkelanjutan diinternal Pansus bersama eksekutif, sudah disetjujui beberapa hal. Bahkan terkait perampingan sejumlah SKPD atau Badan di lingkungan Pemkot Manado, selesai dibahas. (ira)