Advertisement
Berita Utama Manado

Towoliu Miliki Peluang Hadang Ai, JK, Van Bone dan Anter, Jacko

Michael Towoliu, SH
Michael Towoliu, SH

KIAN dekatnya perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Kota Manado, mulai terdengar riuh rendah para pendukung partai berlogo bintang mercy itu. Bahkan, Praktis ada sejumlah kandidat yang cukup memiliki kemampuan memimpin partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono, presiden ke enam RI.

Adalah Noortje Van Bone, salah satu orang dekat Ketua DPD PD Sulut, Dr GS Vicky Lumentut, SH, DEA ini memiliki kans kuat untuk menahkodai PD Kota Manado. Anggota dewan dapil Sario – Malalayang ini merupakan Ketua DPRD Kota Manado periode saat ini. Itu sebabnya, kans menang sangat besar bagi wanita paroh baya ini. Hanya saja, di balik keunggulannya, terdapat sejumlah kelemahan. Diantaranya Van Bone kurang memiliki dukungan arus bawah

Tak jauh beda dengan Van Bone, salah satu kandidat kuat adalah Jackson Kumaat. Pengusaha muda ini kabarnya memiliki hubungan khusus dengan keluarga SBY, juga kader PD yang terpilih dua periode Ketua KNPI Sulut saat ini. Gaya memimpin organisasi sudah teruji.

Sementara James Karinda. Kader demokrat punya kepiawaian beradu di panggung politik. Mantan anggota DPRD Manado kini duduk di DPRD Sulut sangat diperhitungkan bagi kemenangan GSVL-MOR di Pilkada Manado yang berujung di Mahkamah Konstitusi (MK). Sementara Royke Anter, juga punya catatan khusus di mata GSVL-MOR. Politisi PD dua periode di DPRD Manado yang awalnya sempat disanksikan pilihan politiknya dalam Pilkada lalu, berhasil menunjukkan kapabelitasnya dengan mendulang suara terbanyak untuk GSVL-MOR .

Akan halnya Lock Kojongian, tercatat sebagai politisi senior DPD PD Sulut. Secara garis politik, Kojongian dan Anter mempunyai hubungan sangat dekat dengan Mor. Ketika suami tercinta Ny. Imelda Bastiaan-Markus Ketua DPD PD Manado beberapa waktu lalu, Kojongian dan Anter punya peran penting membawa Mor duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Manado di periode kedua anggota dewan.

Bagaimana Ai yang disebut-sebut akan ikut bertarung? Ketokohan sang ayah, E.E Mangindaan hingga kini masih sangat familiar di internal kader democrat. Sebagai wakil ketua MPR-RI dan politisi kawakan PD di tingkat pusat, ‘Roh’ Lape, sebutan E.E. Mangindaan masih bisa mempengaruhi konstalasi Muscab nanti.

Sementara Ai sendiri, di internal PD Manado saat ini, masih diperhitungkan di beberapa pengurus kecamatan. Dari ketujuh kandidat yang masuk nominasi maju di Muscab semua berpeluang. Tergantung aturan AD/ART partai. Namun demikian, dengan turunnya Ai dalam perhelatan ini, justru akan membawa dampak kurang signifikan bagi perjalanan politiknya ke depan. Figur yang terlihat merakyat ini akan mengalami penurunan angka suara apabilan berada di satu jalur partai.

Nama terakhir adalah Michael Towoliu, SH. Berbekal ilmu jurnalistik yang dimilikinya serta kepiawaian dalam dunia usaha menjadi modal besar menghadang nama-nama besar di atas. Suami tercinta Angela Telew ini merupakan kekuatan non teknis dari kandidiat lainnya. Kepiawaiannya pada perhelatan Pilkada lalu hingga memiliki andil sangat besar akan kemenangan GS Vicky Lumentut-Mor Bastiaan (GSVL-MOR).

Belum lagi tangan dingin alumnus Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Indonesia ini dalam membangun usaha/bisnisnya. Sentuhan magis tangan dinginnya diyakini mampu membawa PD Kota Manado mempertahankan bahkan meningkatkan kejayaannya.   Ayah tercinta Satria Towoliu ini juga memiliki kedekatan khusus dengan GSVL. Dia salah satu sukses mengantar GSVL-MOR ke kursi singasana Wali Kota-Wawali Manado dengan menggerakan mesin organisasi independen sebagai ketua Tim Rajawali. (ira)