Hukum Manado

Mantan Kadis Diknas Diperiksa Polisi

RAWAN: Pembangunan RKB seperti ini cukup rentan terjadi penyimpangan. (FOTO:DOC)
RAWAN: Pembangunan RKB seperti ini cukup rentan terjadi penyimpangan. (FOTO:DOC)

MANADOLINK – Mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Manado,  Dante Tombeg, SPd, MPd resmi diperiksa penyidik Polresta Manado. Dante yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Manado, diperiksa terkait dugaan korupsi pembangunan ruang kelas baru di SMK Negeri 8 Manado, tahun anggaran 2012 lalu.

Seperti dilansir situs berita beritakawanua.com, Dante mendatangi Mapolresta Manado dengan setelan kaos kerah berwarna hijau dan bercelana panjang hitam, Jumat (12/8/2016) pagi, sekitar pukul 10.15 WITA. Dia lalu menuju ruang penyidik unit VI, yang membidangi kasus-kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).
Dante terlihat sempat keluar ruang dan meninggalkan Mapolresta Manado pada pukul 12.00 WITA. Namun satu jam kemudian, dia kembali lagi untuk menjalani pemeriksaan, dan baru berakhir pada pukul 17.30 WITA.
Dante Tombeg sendiri tidak bisa dikonfirmasi wartawan, karena usai diperiksa langsung meninggalkan Polresta Manado.
Sementara itu Kasat Reskrim Polresta Manado, Kompol Edwin Humokor saat dikonfirmasi mengenai pemeriksaan itu, membenarkannya. “Ya, diperiksa sebagai saksi dalam kasus pembangunan ruang kelas baru SMK Negeri 8 Manado,” singkat dia.
Sekadar diketahui, pembangunan ruang kelas baru di SMK Negeri 8 Manado tahun 2012 silam, terindikasi korupsi. Meski pekerjaan telah rampung 100%, tapi bangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Diknas 2012, sebesar Rp 1,6 milliar, tidak sesuai bestek.(***)