Advertisement
Hukum

Diadukan Mantan Isteri, Oknum Kadis Jadi Tersangka!

MANADOLINK – Kepolisian Resort Kota Manado menetapkan oknum Kepala dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado, HT alias Hans sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen otentik, Rabu (3/8), pekan ini. Pihak kepolisian menyebut, oknum pejabat eselon dua di lingkup Pemkot Manado itu ditetapkan sebagai tersangka berkaitan dengan pemalsuan Kartu Keluarga bersangkutan bersama mantan isteri yang menjadi pelapor. “Hans ditetapkan tersangka terkait kasus pemalsuan KK, yang dilaporkan isteri keduanya,” tegas Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan, seperti dikutip dalam situs berita Radar Manado.

Menurut perwira tiga melati ini, penyidikan kasus oknum Kepala Tim Gerakan Masyarakat Pintar dan Taat Aturan (Gempita) Pemkot Manado itu masih dalam proses. “Kami juga telah melakukan pemeriksaan saksi ahli. Kemudian, secara pembuktian materil dan formil sampai saat ini tidak ada hambatan. Dalam waktu dekat ini akan dilimpahkan ke kejaksaan untuk diteliti,” terang Siallagan.

Sebelumnya diketahui, mantan isteri pelaku membenarkan adanya laporan tersebut ke Mapolresta Manado. Pelapor merupakan mantan isteri tersangka berinisial MK, dimana laporan dibuat beberapa bulan lalu di Mapolresta Manado. Dengan pokok laporan pelantaran anak dan pemalsuan KK.

Namun, yang ditangani Polresta Manado adalah kasus pemalsuan KK, sedangkan pelantaran anak tempat kejadian perkara (TKP) di Minahasa Utara (Minut). Pemalsuan KK dilakukan pada tahun 2010 saat masih menjabat sebagai kepala BKD. (***)