Berita Utama

DPRD Manado Himbau Pemkot Selesaikan Hutang UC di RS Kandou

Sekretaris Komisi D Dewan Kota Manado Sonny Lela (foto : istimewa)
Sekretaris Komisi D Dewan Kota Manado Sonny Lela (foto : istimewa)

Manadolink – Salah satu unggulan program pro rakyat bagi pemerintah kota manado yakni Universal Coverage,atau biasa di sebut dengan UC.

Pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat ini sangat membantu. Setidaknya dapat mengurangi ketika di perhadapkan adanya resiko penyakit yang akan memerlukan biaya cukup besar.

Namun sangat disayangkan ketika pihak DPRD Manado telah menganggarkan dana UC begitu besar lewat penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), akan tetapi pemkot berhutang ke pihak RS Kandou sebesar Rp.4.830026300.

Padahal dewan sendiri sudah menambah anggaran UC pada APBD Perubahan untuk tahun 2016 sebesar Rp.18 Miliar. Anehnya pemerintah tidak juga melunasi hutang tersebut, sehingga ketika warga berobat ke RS Kandou pihak rumah sakit harus menagih biaya perobatan.

“Kami pun tidak mengerti apa maunya pemerintah sekarang ini. Padahal Dewan sangat memprioritaskan masalah kesehatan. Oleh karena itu lewat APBD Perubahan kami sudah menganggarkan begitu besar,agar masyarakat boleh mendapat pelayanan kesehatan secara gratis,”tandas Sekretaris Komisi D Sonny Lela dihadapan para awak media, Selasa (23/2) Siang kemarin.

Lela juga sangat menyesali sepertinya pemerintah hanya melakukan pembiaran saja terhadap hutang UC.Ini namanya pemkot tak Cerdas mengelola anggaran yang ada.

“Sebaiknya cepat di selesaikan hutang UC ke rumah sakit setempat. Jangan sampai akan timbul image ketidak-percayaan lagi masyarakat terhadap pemerintah sekarang ini,”tegas Lela. (rop)