Advertisement
Berita Utama

” KPK Perlu Terjun ke Publik untuk Hindari Tudingan Miring “

KPK: KH Hazyim Muzadi saat memberikan keterangan pers di Gedung KPK. FOTO: DETIK.COM
KPK: KH Hazyim Muzadi saat memberikan keterangan pers di Gedung KPK. FOTO: DETIK.COM

JAKARTALINK– Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Hasyim Muzadi menyempatkan diri bertemu dengan pimpinan KPK. Hasyim menyebut diskusi dengan para pimpinan KPK tersebut membahas banyak hal.

“Saya bertemu pimpinan KPK selama 1 jam, sudah diambil kesimpulan bahwa koordinasi antara KPK dengan penegak hukum yang lain relatif membaik. Nah tinggal sekarang efektifitas dari koordinasi itu,” ucap Hasyim, seperti dilansir situs berita detik.com, Senin (18/1/2016).

Hasyim berpesan tentang keseimbangan antara penindakan dan pencegahan. Hasyim juga menyebut bahwa KPK perlu terjun ke masyarakat untuk memberikan penjelasan tentang pemberantasan korupsi agar tidak ada isu-isu miring yang berkembang tentang lembaga antirasuah tersebut.

“Saya harapkan juga KPK bisa bersama penegak hukum lain terjun ke masyarakat untuk memberikan penjelasan bagaimana sesungguhnya pemberantasan korupsi. Ini supaya tidak ada yang miring-miring terhadap KPK, dianggap tidak adil, tebang pilih. Nah di sini perlu sosialisasi dalam konteks preventif itu,” ucap Hasyim.

Selain itu, Hasyim mengaku sering pula mendapat keluhan dari publik terkait KPK. Namun Hasyim tidak mau hanya melihat media tetapi langsung bertemu pimpinan KPK.

“Saya sering mendapatkan keluhan-keluhan dari masyarakat yang ke Wantimpres. Daripada saya hanya berdasarkan berita-berita kan lebih baik saya datang tanya sendiri bagaimana masalah yang sesungguhnya. Nah kasus-kasus ini selama ada bukti-bukti akan ditangani oleh KPK selama bukti-bukti cukup, Insya Allah ditindaklanjuti,” sebutnya.(dtc/ROP/*)