Cap Go Meh Topang Pariwisata Manado

MERIAH: Ribuan warga dan wisatawan menyaksikan atraksi thanshin saat perayaan Cap Go Meh. (FOTO: DOC)

MERIAH: Ribuan warga dan wisatawan menyaksikan atraksi thanshin saat perayaan Cap Go Meh. (FOTO: DOC)

MANADOLINK – Puncak perayaan Imlek  atau tahun baru Cina yakni Cap Go Meh dirayakan seluruh Umat Tridarma dan warga Kota Manado, Kamis siang (5/3/2015). Ribuan masyarakat tampak memadati daerah yang akan menjadi rute iring-iringan Cap Go Meh. “Perayaan Cap Go Meh merupakan salah satu event wisata yang mendukung program Manado Kota Ekowisata,” tutur Memey, warga keturunan asal Wawonasa.

Alasan Memey, dengan situasi yang ada pada perayaan tersebut maka dianggap layak hajatan ini menjadi salah satu event yang menopang program kota. “Coba anda lihat, bukan sedikit wisatawan mancanegara yang datang menyaksikan perayaan ini,” papar dia lagi. “Sekitar 2.600 wisatawan asing menyaksikan langsung acara ini dan masih ada yang bakal turun dari pesawat,” ujar Kadis Pariwisata Manado Hendrik Waroka di sela-sela perayaan Cap Go Meh, Kamis (5/3).
Ribuan bahkan bisa mencapai puluhan ribu warga memadati prosesi Cap Go Meh tersebut. Bahkan 13 Than Sin sudah siap turun meramaikan prosesi tersebut.
Menariknya perayaan yang selalu dipadati warga itu, juga memadukan beberapa kebudayaan Sulawesi Utara seperti tari kabasaran dan musik bambu. Cap Go Meh sendiri merupakan prosesi keagamaan sebagai bagian dari perayaan Imlek. Imlek merupakan perayaan tahun baru bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia.

Kasat Lantas Polresta Manado AKP Aidit Djafar SH MH? mengatakan, rute yang akan dilewati dimulai dari Klenteng Ban Hin Kiong jalan DI Panjaitan, masuk ke jalan Dotulolong Lasut, Jalan Sisingamangaraja, masuk jalan Walanda Maramis, dan finish kembali di jalan DI Panjaitan. “Jadi, pengendara kendaraan roda dua maupun empat hindari jalan yang akan dilintasi untuk menghindari kemacetan,” ujar Djafar.

Djafar memberikan solusi juga bagi warga yang akan menonton kelangsungan acara Cap Go Meh agar memarkir kendaraan di kawasan Marina Plaza. “Selain itu juga tak lupa agar berkendara selalu memerhatikan kelengkapan surat dan kendaraan bermotor,” tandasnya. (*)

 

Tags: 

Comments are closed.