Advertisement
Manado

Warga Sebut Pengurusan IMB Rumah Tinggal Terlalu Berbelit

Birokrasi dinilai menghambat masyarakat untuk membangun
Birokrasi dinilai menghambat masyarakat untuk membangun

MANADOLINK – Warga Kota Manado sebut semua pengurusan baik surat maupun ijin terlalu berbelit birokrasi yang ada dinilai memperhambat kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan oleh Noldy Longkutoy warg Tingkulu, dimana dirinya melakukan pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk rumah tempat tinggal harus menunggu sekian lama. “Saya mengurus ijin untuk rumah tinggal saya sudah sejak dua bulan yang lalu dan sekarang masuk pada bulan ke tiga setiap saya mengecek alasannya masih sementara proses,” ucap Noldy.

Lanjutnya lagi, sedangkan untuk ijin untuk bangunan tempat tinggal saja sudah lama dan berbelit-belit apa lagi utuk ijin usaha. Yang mengherankan jika pengurusan lewa pegawai BP2T sagat cepat tetapi jika pengurusan dilakukan sendiri melalui loket prosesnya berbulan-bulan. “Pada hal sudah diingatkan bahwa pengurusan jangan melalui calo. Berarti pegawai instansi tersebut menjadi calo yang dimaksud tetapi banyak pegawai yang melakukan pengurusan dari dalam bukannya mengarahkan ke loket,” jelas karyawan swasta itu.  (im’2)