Gempa 5,1 SR dan Hujan Deras Landa Sulawesi Utara

DETEKSI: Alat deteksi gempa dan Tsunami

DETEKSI: Alat deteksi gempa dan Tsunami

MANADOLINK – Gempa bumi berkekuatan 5,1 SR mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Untungnya, gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Berdasarkan Informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi Sabtu (8/11/2014) pukul 19:42 WIB. Gempa tersebut terjadi di 4.77 LU, 126.26 BT, 80 kilometer dari Barat Laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Sedangkan titik gempa yang berada di kedalaman 84 kilometer itu tidak menimbulkan tsunami.

Sementara di Manado, ibu kota Sulawesi Utara, gempa yang mengguncang cukup kuat. Beberapa wilayah yang ada di Kecamatan Pal Dua, Tikala, Mapanget, Singkil, Tuminting dan Bunaken cukup merasakannya. “Tiba-tiba rumah so bagoyang. Terpaksa lari keluar,” tutur Mothy, salah seorang warga Pal Dua. Untungnya, gempa yang terjadi tidak sempat merusak bangunan rumah dan memakan korban jiwa.  Sekira pukul 10.50 WITA, gempa susulan kembali terjadi. Hanya saja, susulan gempa tidak sekuat gempa terdahulu. Selain gempa susulan, Kota Manado kembali diguyur hujan deras.

Sementara itu, gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Ritcher terjadi di perairan Maluku Utara. Gempa dari dalam laut itu menimbulkan peringatan dini tsunami. Belum ada info lanjutan terkait laporan tersebut.

Informasi dari BMKG, Sabtu (15/11/2014), peringatan tsunami diberlakukan di beberapa wilayah Indonesia bagian timur. Gempa tersebut cukup kencang dan dirasakan oleh warga.

Ada pun peringatan tsunami diberlakukan di Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku. Gempa terjadi sekitar pukul 09.30 WIB atau sekitar pukul 11.30 WIT.

Hingga kini belum ada laporan apakah gempa itu membuat bangunan rusak atau tidak. Gempa dikabarkan dirasakan hingga ke Manado, Sulawesi Utara.(*)

Tags: , ,

Comments are closed.