Advertisement
Manado

Orang Tua Keluhkan Dugaan Pungli di Unsrat

Universitas Sam Samratulangi Manado (FOTO: dok)
Universitas Sam Samratulangi Manado (FOTO: dok)

MANADOLINKUniversitas Sam Ratulangi Manado mendapat keluhan dari sejumlah orang tua mahasiswa yang sedang menjalankan studi di perguruan tinggi ternama di Sulawesi Utara (Sulut). Apa pasal?  terdapat berbagai pungutan berkedok biaya program, diantaranya program kursus Bahasa Inggris.

Darman Ismanto, orang tua mahasiswa salah satu fakultas di Unsrat kepada Manadolink, mengatakan awal masuk unsrat dirinya sudah membayar biaya kursus bahasa Inggris sebesar Rp 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) tetapi anaknya tidak perna mendapat kursus tersebut bahkan setelah memasuki ujian akhir pihak fajultas mengharuskan mahasiswa yang mengikuti ujian harus memiliki ijazah kursus Bahasa Inggris dan itu harus diambil di Fakultas Sastra. “Anak saya harus menambah uang sejumlah Rp 250.000 lagi untuk ijasah yang diminta dan itu diambil di fakultas Sastra tidak boleh ditempat kursus,” beber Ismanto.

Lanjut Ismanto, masalah tersebut sudah pernah menjadi temuan dan telah diperiksa oleh POLDA SULUT, tetapi hingga saat ini kasus tersebut tidak lagi terdengar. Sebagai orang tua dirinya merasa kecewa dengan pihak Unsrat yang menagih biaya tetapi tidak ada kejelasan. “Sebagai orang tua kami harap pungli seperti ini harus diusut tuntas oleh pihak yang berwenang baik kepolisian maupun kejaksaan,” harap Ismanto.   (im’2)