Advertisement
Manado

Pemkot Manado ‘Merugi’ Miliaran Rupiah

Advertisement
Recky Pesik Kepala Bidang Dana Perimbangan Dispenda Manado
Recky Pesik Kepala Bidang Dana Perimbangan Dispenda Manado

MANADOLINK – Pemerintah Kota Manado disinyalir merugi miliaran rupiah. Kebobolan tersebut diduga disebabkan banyaknya wajib pajak tidak melakukan verifikasi di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Manado setelah membayar BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan).

Advertisement

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado, Bismark Lumentut, melalui Kepala Bidang Dana Perimbangan Dispenda, Recki Pesik, membernarkan adanya kebobolan miliaran rupih. Dirinya menjelaskan, jika wajib pajak setelah membayar BPHTB di bank yang telah ditentukan dan langsung melakukan verifikasi di Dispenda aka nada laporan pembayaran.

“Sesuai surat edaran Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Kepala Badan Pertanahan Nasional pembayaran BPHTB diwajibkan untuk melakukan verifikasi di dispenda untuk mencocokan data di formulir pembayaran dengan data yang ada pada basis data Dispenda. Kami hanya menjalankan aturan yang ada,” terang Pesik.

Lanjut dikatakan Pesik, pihaknya telah melakukan penelusuran ternyata sudah banyak yang melakukan pembayaran BPHTB di bank tetapi tidak langsung melakukan pencocokan data di basis data. “Verifikasi ini maksudnya untuk mencocokan data yang ada di formulir pembeyaran BPHTB dengan data yang tertera di basis data, disitu akan ketahuan jika ada permainan pengisian data apa lagi mereka yang menghindari pembayaran yang sesuai dengan perhitungan,” jelas Pesik. (im’2)

Advertisement