Advertisement
Bisnis&Pariwisata

MONUMEN PERANG DUNIA II

Advertisement
PERINGATAN: MONUMEN PERANG DUNIA II
PERINGATAN: MONUMEN PERANG DUNIA II

Monumen atau Tugu Perang Dunia II ini dibangun pada tahun 1946-1947 oleh Sekutu NICA dan arsiteknya adalah Ir. Van den Bosch. Monumen ini dibangun sebagai suatu kenangan terhadap korban perang pasifik baik dari pihak Sekutu, Jepang, dan rakyat semasa. Perang Dunia II berlangsung 194l-1945.

Advertisement

Sayangnya monument ini tidak sempat diresmikan sehingga tidak ada prasasti penamaannya. Monument setinggi 40 meter ini terdiri dari empat buah tiang penampanglpenyangga dengan sebuah kubus persegi-empat yang disimbolkan sebagai peti jenazah atau berisi abu jenazah korban perang dan dilengkapi dengan empat bola/roda peti jenazah.

Monumen ini juga dimaknai sebagai simbol penyerahan arwah korban perang kepada Tuhan Yang Maha Kuasa pada kotak berbentuk kubus di puncak monument. Empat bola roda kota kubus di atas, disimbolkan sebagai pemisah antara makhluk mulia manusia yang mengusung dan yang diusung.

Seluruh bangunan monument terletak di atas landasan kokoh bersegi empat bertangga.

Monumen  ini sebagai bukti bagaimana peran dan sfrategisnya lokasi Manado-Minahasa pada masa Perang Pasifilq batrkan di awal perang Dunia ke II, ketika serangan Tentara Dai Nippon, maka wilayah Manado dan Minahasa menjadi penangkal atau penghambat agresi militer Jepang menuju benua Austalia.(*)

Advertisement