Advertisement
Manado

GSVL: Pemkot Komit Kembangkan Pasar Tradisional

small_52DSC_0251MANADOLINK – Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH. M.Si. DEA diundang oleh forum pedagang kota Manado untuk menjadi pembicara dalam Seminar sehari, yang mengambil Tema: Menuju Kebangkitan Pasar Tradisional Sebagai Peningkatan Infrastruktur Ekonomi dan Daya Tarik Wisata Kota Manado, dan Sub tema: Eksistensi Pedagang Pasar Adalah Bagian Yang Tidak Terpisahkan Dalam Sektor Pembangunan Ekonomi Kota Manado, yang berlangsung di Hotel Peninsula, Sabtu 14 Desember 2013.

Walikota mengapresiasi para pedagang yang telah berinisiatif untuk mengundang Walikota menjadi pembicara dalam seminar. Walikota juga memuji para pedagang yang telah meluangkan waktu guna membahas konsep perencanaan revitalisasi pasar Bersehati. “Bukan saya yang mengadakan acara ini, tapi saya hanya terundang oleh teman-teman pedagang di pasar untuk menjadi pembicara dalam seminar ini. Terima kasih bapak dan ibu telah rela memilih meninggalkan jualan untuk meluangkan waktu datang ke seminar guna membicarakan konsep perencanaan revitalisasi pasar Bersehati menjadi pasar yang menyenangkan,” kata Walikota pilihan rakyat ini.

Menurut Walikota Manado kerangka seminar sehari ini adalah menjadikan pasar tradisional sebagai tempat yang menyenangkan. “Kerangka seminar sehari ini adalah menjadikan manado dalam visi dan misi menjadi kota manado yang menyenangkan. Sangat penting bagi kami menjadikan pasar tradisional sebagai tempat yang menyenangkan bagi penjual dan menyenangkan bagi pembeli dan penjual,” ujar Walikota visioner ini.

Walikota berharap perbedaan keamanan dan kenyamanan antara pasar modern dan pasar tradisional tidak terlalu jauh. “Jangan terlalu jauh perbedaannya dengan pasar modern. Pasar tradisional akan didorong menjadi pasar yang menyenangkan bagi penjual dan pembeli. Bagaimana menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pembeli. Pembali dapat membeli sesuai dengan yang diinginkan, Tidak kecurian dan tidak becek. Pedagang senang kalau jualannya itu bisa dilihat dan bisa dibeli orang,” tandas Walikota.

Pemerintah Manado berkomitmen untuk mengembangkan pasar Bersehati dengan perencanaan pasar yang lebih baik. “Komitmen pemerintah kota Manado adalah mengembangkan pasar tradisional dengan perencanaan pasar yang lebih baik. Akan diatur sirkulasi keluar masuk arus kendaraan dan akan dibangun tempat parker. Secara teknis melalui seminar ini saya ingin dapatkan masukan pemikiran-penikiran agar bisa menjadikan pasar yang menyenangkan bagi semua. Butuh proses dan butuh masukan, semua tidak bisa dilakukan seperti membalik telapak tangan untuk menjadikan pasar sebagai tempat umum, tempat berbelanja dan mencari nafkah hidup, Oleh karena itu disini mari kta rumuskan bersama. Tolong kalau sudah dirumuskan, dijalankan sesuai rumusan tersebut,” pungkas Walikota bersahaja ini.