Berita Utama Hukum Manado

PAMI Sulut Bawa ‘Mafia Jaksa’ ke Kejagung dan KPK

BAWA: PAMI Sulut segera memasukkan laporan mafia jaksa ke gedung ini. (FOTO: antara)
BAWA: PAMI Sulut segera memasukkan laporan mafia jaksa ke gedung ini. (FOTO: antara)

MANADOLINK – Ketua Pelopor  Angkatan Muda Indonesia (PAMI) DPD Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Jerry Massie M.Art  akan mengadukan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Meidiani Muhammad SH dan Sherly Kalesaran SH ke pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengaduan ini terkait permintaan uang Rp45 juta  ke ST, korban kasus penipuan yang dilakukan Ronny Santoso.

Perbuatan oknum Jaksa ini, PAMI sebagai lembaga kontrol sosial yang berada di Sulut merasa terpanggil untuk turut serta dalam hal penegakkan supremasi hukum di wilayah Kejaksaan Negeri Manado.

“Menurut hemat kami, perbuatan yang dilakukan oknum jaksa Mediani Muhamad SH dan Sherly Kalesaran SH telah melanggar UU Tipikor, yang mana kedua oknum tersebut melakukan penyalagunaan wewenang sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU),” ungkap Massie, Kamis (24/10) pada okemanado.com.

PAMI juga mendesak agar  KPK memberikan efek jera kepada aparat hukum yang mempermainkan hukum itu sendiri.

“Yang jelas kami akan laporan ke penyidik KPK. Harapan kami agar KPK menindaklanjuti permasalahan ini sesuai aturan hukum yang berlaku. Dan kami punya bukti rekaman,” ujarnya.

Diketahui dua Jaksa ini meminta uang ketika kasus penipuan yang dilakukan Ronny Santoso akan dinyatakan lengkap P21), pada 17 September 2013. Saat itu  ada oknum penyidik Polresta Manado meminta uang senilai Rp5 juta dimana uang tersebut akan disetorkan ke oknum Jaksa yang merupakan  Kasi Pidana Umum (Pidum)Kejari Manado, Meidiani Muhammad SH.

Tidak berhenti disitu, keesokan harinya Meidiani menelepon ST dan minta untuk ketemu di Pengadilan Negeri (PN) Manado, ST pun mengiakan. Dan Meidiani bertemu dengan ST di kantin PN Manado, dan meminta  uang Rp40 juta, tapi ST hanya meberiknnya Rp10 juta dan Rp30 jutanya diterima langsung oleh Jaksa Sherly tepat di kantin samping Kejari Manado. Dijelaskan ST semua uang diberikanya ke Jaksa ada saksinya salah satunya lelaki bernama Didi.

(steven)

One Comment

Comments are closed.