Advertisement
Minut

Kecamatan Wori Sasaran Empuk Wartawan dan Aktifis ‘KJ’

MINUTLINK – Kecamatan Wori adalah salah satu dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Karena letak geografis Kecamatan Wori tergolong jauh dari sentral atau ibukota kabupaten yaitu Airmadidi, maka tidak heran jika didalam banyak aktifitas, masyarakat Kecamatan Wori lebih cenderung ke Kota Manado.
“Soalnya kalau ke Minut kami harus mengeluarkan biaya paling sedikit Rp. 70 Ribu Rupiah. Sedangkan ke Manado bisa hanya 35 ribu rupiah,”tutur Royke Pontoh warga Desa Kulu Kecamatan Wori.
Disisi lain, karena jauhnya jarak Kecamatan Wori dengan konsentrasi aparat hukum maka pemerintah desa dan kepala – kepala sekolah sangat diresahkan oleh kehadiran sejumlah oknum yang mengaku wartawan ataupun aktifis dari LSM.”Ada yang mengaku dari intel KPK, ada juga yang datang dengan mengaku wartawan dan meminta uang pada kami,”keluh seorang kepala sekolah SD yang minta nama dan sekolahnya tak usah disebutkan.
Camat Wori Steven Korengkeng tidak menampik hal itu.”Ya, saya beberapa kali didatangi teman – teman wartawan. Kalau ada Hukumtua maupun aparat di Kecamatan Wori yang kedapatan menyalahi aturan, silahkan di angkat ke media. Sebab semua kinerja pelayanan publik harus mengacu pada dari undang – undang keterbuakaan publik,”kata Korengkeng.
Camat Wori tersebut juga tidak pernah menolak jika ada wartawan maupun aktifis yang ingin melakukan infestigasi ke wilayahnya.”Itu kan pekerjaan rekan – rekan aktifis dan wartawan, yang penting jika ke wilayah saya, sebaiknya rekan – rekan mengantongi legalitas resmi. Kalau wartawan, media harus terakomodir di badan Humas Pemda, begitu juga dengan LSM, sebaiknya lembaganya sudah terdaftar di Kesbangpol minimal Kesbangpol Kabupaten Minahasa Utara,”tegas Korengkeng. 
Ditanya apa dirinya setuju bila ada Wartawan dan Aktifis KJ (Kurang Jelas), Korengkeng menampiknya. “Tidak ada istilah begitu. Kalau yang tidak terakomodir atau tidak terdaftar, mungkin ada. Tapi kalau istilah KJ, itu terlalu kasar ah,”pungkas pria asal Kelurahan Sukur itu.  (John) 

Foto Camat Wori Steven Korengkeng: