Berita Utama Manado

Proyek SIK Dinkes Manado Libatkan Oknum Petinggi Manado?

MENGALIR: Comitment fee mengalir ke kantong petinggi di kantor ini?

MANADOLINK – Dugaan penyimpangan proyek Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Dinkes Kota Manado tahun anggaran 2012, sedikit demi sedikit mulai menemui titik terang. Kabar terakhir menyebutkan, terdapat sejumlah dana commitment fee yang mengalir ke kantong oknum petinggi Kota Manado.

Meski beberapa waktu lalu sempat dibantah Kadis Kesehatan Manado, dr Mottoh, namun dugaan tersebut dikuatkan dengan fakta yang ada.

Menurut sumber kuat media ini, proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Manado tahun anggaran 2011 sempat dianulir pemenang tender dengan alasan yang kurang kuat untuk menganulir kontrak dengan pihak ketiga. “Itu merupakan alasan untuk memenangkan orang dekat oknum petinggi Manado berinisial E,” jelas sumber. Lebih gila lagi, rekanan pemenang tender selaku pihak ketiga telah memberikan fee sebesar Rp 135 juta di tahun tersebut. “Fee proyek sudah sempat diserahkan. Tapi entah bagaimana tidak diakui,” papar pria berperawakan tinggi itu.

Selanjutnya beber dia, proyek tersebut dialihkan pada tahun 2012. “Pemenang tendernya adalah pihak ketiga pemenang tahun sebelumnya,” tutur dia. Meski demikian, paket proyek tersebut berharga Rp 100 juta rupiah yang konon diterima oknum kadis kesehatan. “Oknum kadis datang langsung dan mengambil dananya,” aku sumber. “Kami juga berharap agar penyidik kejaksaan dapat menangani masalah ini secepatnya,” kunci dia. (*)

Editor: Steven Supit