Advertisement
Bitung

Pala Ngadu Soal Upah Ekstra Pekerjaan

MENGELUH: Aparat lingkungan mengeluhkan upah pekerjaan pemungut pajak tak kunjung diberikan

BITUNGLINK – Pahlawan Adipura dan PBB Kota Bitung yakni Pala dan Ketua RT, sepertinya kurang diberi support dari Pemerintah Kota Bitung.Salah satu hal yang memiriskan adalah upah pungut yang merupakan pembagian dari tagihan pajak bumi dan bangunan (PBB), sampai hari ini tidak ada tanda-tanda kejelasannya.
Hal tersebut terungkap ketika seorang RT Kelurahaan Paceda, Vera Pondaag, mengajukan pertanyaan pada acara sosialisasi UU No.28 tahun 2010 tentang pajak dan retribusi daerah, Rabu (31/7), di BPU Kantor Walikota Bitung.
Pondaag mengungkapkan telah bertahun-tahun bertugas sebagai abdi Pemkot Bitung, namun sampai hari ini tidak pernah mendapat upah pungut dari Lurah.Ternyata yang dialami oleh RT Pondaag dirasakan juga oleh semua Pala se-kota Bitung.Kadis Pendapatan Daerah Bitung, Olga Makaraw, menjelaskan bahwa upah pungut wajib diberikan kepada kolektor. Dan sepengetahuannya,  setiap tahun upah pungut diberikan kepada setiap Lurah.
Dirinya heran Pala dan Ketua RT yang disuruh Lurah melakukan penagihan PBB kepada masyarakat malah tidak diberi upah. Atas kondisi ini, Makaraw berjanji akan menelusuri penyebab upah pungut yang tidak sampai ke tangan Pala dan RT. (Katie)