Bitung

Humiang Buka Rapat TEPPA

RAPAT: Sekretaris Kota Bitung, Drs Edisson Humiang memimpin rapat EPPA

BITUNGLINK – Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang, Msi didampingi Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahlia Kaeng Buka Pelaksanaan rapat Tim Evaluasi Dan Pengawasan Penyerapan Anggaran(Teppa) bertempat Ruang Sidang Lantai 4 Kantor Walikota Bitung, 22/7.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Frangky, SE, Ak, Msi bersama Kepala Bagian Pembangunan Jhon Simarmata ST. Menjelaskan bahwa (TEPPA) adalah suatu tim kerja yang dibentuk oleh Pemerintah secara berjenjang dari Pusat sampai ke Daerah, dengan tujuan untuk melakukan pengendalian percepatan penyerapan belanja daerah dan juga mengkoordinasikan langkah-langkah strategis.Ditambahkan pula Rapat Evaluasi ini dihadiri oleh Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD dan Para Camat Se Kota Bitung yang memiliki Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) termasuk Para Kepala Sekolah dan Para Kepala Puskesmasdan Jumlah Satuan Kerja yang memiliki DPA yang diikuti sebanyak 94 Satuan Kerja.

Sementara itu Humiang yang juga sebagai penanggungjawab Tim dalam arahannya mengatakan dengan adanya Pembentukan TEPPA juga diharapkan dapat mengkoordinasikan langkah-langkah strategis diantaranya untuk mengupayakan percepatan pengadaan barang dan jasa, pemantauan terhadap perkembangan penyerapan belanja daerah setiap bulan, mengkomunikasikan hambatan penyerapan belanja daerah dan juga melaporkan secara berjenjang perkembangan penyerapan belanja daerah serta kendala-kendala yang dihadapi.Sebab berdasarkan Intruksi Presiden Republik Indonesia perlu adanya percepatan pembentukan (TEPPA) di masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun 2011, yang terdapat penumpukan anggaran dan kegiatan pada bulan Desember sehingga menyebabkan rendahnya penyerapan APBN dan APBD. Oleh karena itu pada saat penyerahan DIPA 2012 di Istana Negara pada Desember 2011. Semoga Hasil rapat evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran ini, nantinya merupakan implementasi dari sistem evaluasi TEPPA atau Sismonteppa yang telah diupayakan dengan cara tepat administrasi, tepat sasaran, bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna. Semoga dengan pelaksanaan rapat evaluasi ini bisa memberikan nilai dan kesungguhan dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Bitung. Dengan adanya Rapim TEPPA diharapkan bisa meningkatkan disiplin, percepatan dan pengendalian realisasi APBD Kota Bitung di masa depan. Harapan ke depan, rapat evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran memberikan manfaat yang besar bagi para Kepala SKPD, demi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bitung, “ ujar Humiang.  (Katie)

Instruksi Presiden RI

1.Lakukan percepatan penyerapan anggaran (di 2012)

2.Benahi aturan, reward and punishment

3.Laporkan ke saya bulan April, Agustus dan Nopember

4.Umumkan ke publik

5.Tim bantu fasilitasi dan koordinasi