Sumendap-Kondoli Pemimpin Mitra Terpilih

DITOLAK: Majelis hakim Mahkamah Konstitusi menolak eksepsi T2-MOR secara keseluruhan

JAKARTALINK-Pasangan James Sumendap SH dan Ronald Kandoli SE, resmi menjadi pemimpin Minahasa Tenggara periode 2013-2018 menggantikan Telly Tjanggulung-Jeremia Damongilala. Hal ini menyusul ditolaknya permohonan gugatan hasil pemilukada tahun 2013 yang dilayangkan T2-MOR oleh majelis hakim konstitusi, Kamis (18/7) sore tadi.

Majelis hakim berpendapat eksepsi perkara nomor 82/PHPU.D-XI/2013 yang diajukan tim penasehat hokum T2-MOR tidak bisa diterima. Secara otomatis, MK menguatkan hasil pleno KPUD Mitra yang menyatakan pasangan JS-RK adalah peraih suara terbanyak dan menjadi Bupati-Wakil Bupati Mitra periode 2013-2018.

Usai pembacaan putusan, tampak terlihat puluhan pendukung JS-RK bersorak gembira sebagai tanda era baru di kabupaten pemekaran Minahasa Selatan itu. “Kami sambut jalan baru di Mitra,” teriak para pendukung JS-RK.

Sumendap sendiri tampak sumringah mendengar putusan yang akhirnya menahbiskan dirinya sebagai pemimpin baru di kabupaten tersebut. Mengenakan kemeja warna putih serta motif garis lurus vertikal dan horizontal, Sumendap menyatakan rasa syukurnya dihadapan pendukungnya.

Sementara pihak KPUD Mitra mengatakan, pihak penyelenggara pemilukada Mitra telah membuktikan menjalankan proses pemilihan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. “Putusan ini membuktikan kalau prosedur yang dijalankan adalah sesuai aturan,” tegas Aske Benu, Ketua KPUD Mitra. Kendati demikian, Benu menambahkan, kemenangan kali ini adalah kemenangan seluruh warga Minahasa Tenggara. “Ini bukan kemenangan KPUD, tapi kemenangan masyarakat Mitra,” kunci dia. (*)

Laporan : Kenly Wawointana, MK, Jakarta

Editor: Steven ‘Ephonk’ Supit

 

Comments are closed.