Minut

Wangke Imbau Petani dan Peternak Antisipasi Cuaca

Ir Wangke Karundeng

MINUTLINK – Cuaca ekstrim di pertengahan tahun 2013 ini tidak dapat di deteksi. Dimana – mana sering terjadi hujan mendadak bahkan di sertai angin yang cukup kencang sehingga bisa merusak tanaman di perkebunan milik masyarakat.  

Menyikapi hal itu, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) melalui Kepala Dinas Ir Wangke Karundeng mengklaim bahwa pihaknya sudah siap mengantisipasi segala kemungkinan.”Kami selalu melakukan pengawasan, tapi kami juga meminta para pemilik lahan pertanian dan peternak, jangan lengah”,tutur Karundeng. 
Kadispertanakbun Minut itu juga mengajak para petani dan peternak agar se – sering mungkin turun mengontrol ‘kepunyaan’ mereka.”Jangan hanya menerima laporan para pekerja saja, tapi para pemilik harus sesering mungkin me-ngecek apakah ternak atau tanaman mereka dalam keadaan aman, dan jika ada hal – hal yang terjadi seperti ternak sakit atau tanaman di serang hama, segera laporkan ke pihak kami”,pinta Wangke.
Himbauan Kadispertanakbun Minut Ir. Wangke Karundeng memang beralasan. Pasalnya di wilayah lain seperti Kabupaten Minahasa dan Kota Bitung, dalam cuaca ekstrim ini mulai ada gejala hama dan ternak sakit.
Wangke juga mengingatkan agar ternak seperti anjing untuk di monitor penuh oleh tuan-nya agar dapat mengantisipasi segala kemungkinan.”Bagi yang punya ternak anjing, waspadai segala kemungkinan sebab di cuaca seperti ini semua hal bisa terjadi. Misalnya rabies atau apa saja”,pungkasnya. (John)