PPS Aertembaga Waspada Malaria dan DB

ANTISIPASI: Salah satu langkah pencegahan DB dan Malaria

BITUNGLINK – Menghadapi musim penghujan dan cuaca yang tak menentu perlu perhatian masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Ternyata keluhan seperti ini dirasakan warga yang bermukim dipelabuhan perikanan samudera (PPS) Aertembaga Bitung.
Pasalnya sejak bertahun-tahun Puskesmas Pelabuhan belum pernah menyentuh bahkan meninjau lokasi pemukiman,pelelangan ikan bahkan wilayah perkantoran di area pelabuhan perikani Aertembaga.

Kepala PPS Aertembaga Frits Lessnusa ketika ditemui Jumat (12/7) diruangkerjanya membenarkan adanya keluhan tersebut. Lewat rapat koordinasi bersama Administrator Pelabuhan hal ini telah disampaikan agar bisa ditindaklanjuti baik Puskesmas Pelabuhan maupun Dinas Kesehatan Kota Bitung.
Menurut Lessnusa sebaiknya seluruh lokasi pelabuhan perikanan Aertembaga dilakukan fogging (penyemprotan) setiap 3 bulan sekali dan pemberian bubuk Abate ditempat-tempat yang dikenal sebagai sarang nyamuk.
Ia merasa keadaan ini cukup mengkhawatirkan bukan hanya warga yang tinggal dipemukiman tetapi gejala malaria dan demam berdarah bakal mengancam aktifitas para pegawai.
Dengan melakukan antisipasi seperti fogging,Ia mengakui tingkat kewaspadaaan warga terjamin.
Sayangnya kepala Puskesmas Pelabuhan Bitung yang hendak dikonfirmasikan menolak bertemu dengan wartawan dengan alas an sesuai keterangan Security bahwa pimpinan akan keluar kantor. (Katie)

 

Comments are closed.