Advertisement
Berita Utama Mitra

Saksi Sebut Tim Sukses JS-RK Main Uang

MAHKAMAH KONSTITUSI (FOTO: Republika)

JAKARTALINK – Sedikitnya 20 saksi dalam gugatan Pemilukada Minahasa Tenggara menyebut kalau pasangan James Sumendap SH dan Ronald Kandoli SE, lewat tim suksesnya membagi-bagikan uang sebelum dan sesaat pencoblosan dilakukan.

Para saksi mengakui melihat langsung, aksi bagi-bagi uang yang dilakukan beberapa tim sukses dengan memberikan voucher sebagai alat penukaran uang, kartu asuransi jiwa serta uang tunai sebesar Rp 200 ribu untuk memilih pasangan nomor 2, JS-RK.

Hal menarik diungkapkan para saksi adalah, uang yang dibagikan pada subuh tanggal 13 Juni 2013. Menariknya lagi, pembagian uang tersebut ada yang dilakukan di samping bilik suara. “Saya sedang menuju ke TPS dua Winorangian. Di jalan saya melihat kerumunan orang, ternyata sedang bagi-bagi uang oleh Noldy Kasegeran salah satu tim sukses JS-RK,” ucap Yan Tuerah, warga Winorangian.

Sementara saksi-saksi lainnya, Ratna Pauran, Esly Kakombong, Jemmy Salindeho, mengakui ditawari uang dalam pecahan Rp 100.000 . sementara saksi Meike mengatakan sempat merekam aksi money politic yang dilakukan pasangan nomor urut 2.

Lain halnya dengan Nelly Mandeleke. Menurut dia, tim sukses JS-RK memberikan tawaran uang serta beras asalkan memilih pasangan tersebut. “Saya diberi dua belas liter beras dan uang pak hakim,” aku dia.

Usai pemeriksaan keterangan puluhan saksi, majelis hakim menunda persidangan Kamis (11/7) besok dengan agenda yang sama. (kenly)

Saksi saksi

  1. Maria Dorkas
  2. Decky Pitoy
  3. Francine Wullur
  4. Lenny Kolinug
  5. Meiske Tuuk
  6. Reny Tumiwa
  7. Arie Salu
  8. Merta Lumempouw
  9. Tonny Lasut
  10. Max Mandey
  11. Dieske Sumolang
  12. Nortje
  13. Meike
  14. Jemmy Salindeho
  15. Ratna Pauran
  16. Esly Kakombong
  17. Nenny Mandeleke
  18. Syuli Monareh
  19. Yan Tuerah