Kasus Dana Sosialisasi Talaud Harus Diusut Tuntas !

MEGAH: Kemegahan gedungnya mesti diikuti dengan megahnya perilaku personil pemerintahan

MANADOLINK – Dugaan penyimpangan dana sosialisasi DPRD Talaud dianggap memenuhi unsure tindak pidana korupsi. Bagaimana tidak, sesuai temuan pihak BPK RI, sejumlah item yang digunakan diduga kuat menyimpang dalam realisasinya. “Polisi atau jaksa sudah bisa meningkatkan tahapan penanganan masalah ini. Karena sudah jelas dalam temuan BPK terdapat kejanggalan beberapa item anggaran yang dipakai oleh anggota dewan Talaud saat sosialisasi,” tegas Jamaes Manuhutu SH, Ketua SCW.

Labih jauh diungkapkan Manuhutu, item sewa tenda, makan-minum, sewa genset dan beberapa item lain, termasuk SPPD terdapat kejanggalan. “Anggaran makan-minum begitu besar, belum lagi sewa tenda dan genset. Karena sudah diverivikasi kebenarannya oleh BPK, sebaiknya ditindaklanjuti penyidik. Jangan berlama-lama dong,” tukasnya. Masalahnya, jika penanganan perkara ini lambat hanya akan berpotensi TGR terhadap pejabat-pejabat terduga melakukan korup. Dengan sendirinya tidak akan berefek jera bagi pejabat-pejabat korup tersebut,” ujarnya panjang lebar.

Untuk itu, pintanya, pihak polisi atau kejaksaan secepat mungkin dapat melakukan pengusutan dan menaikkan status penanganan. “Saya kira bukti awal sudah cukup. Dananya kan sudah diaudit dan sudah diketahui siapa saja yang pakai. Mbok ya diusut dan ditetapkan tersangkanya dong, jangan hanya mengambang seperti ini,” kunci praktisi hukum Sulut ini. (ira)

Comments are closed.